Kenali Jenis-Jenis Katalog Elektronik

Katalog elektronik kini digunakan oleh banyak pelaku bisnis berbagai sektor untuk menarik perhatian pelanggan. Mulai dari pengusaha skala kecil dan besar , bahkansampai badan pemerintah memiliki katalog elektronik dengan fungsi yang berbeda-beda. Artikel ini akan membahas jenis-jenis katalog elektronik berdasarkan siapa yang menyusun katalog supaya Anda bisa memahami lebih jauh seperti apa katalog elektronik yang beredar sekarang.

1.    Katalog elektronik nasional

Disusun oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah atau LKPP, katalog ini berisi pengadaan barang-barang atau jasa yang merupakan fasilitas negara. Contoh dari barang atau jasa yang tercantum di dalamkatalogantara lain adalah seperti jasa operator, buku-buku sekolah,dan banyak lagi. Secara umum, katalog nasional digunakan untuk pengadaan barang/jasabagi pemerintah serta untuk mendukung program pemerintahan.

2.    Katalog elektronik sektoral

Katalog ini mirip dengan katalog nasional namun memiliki ruang lingkup yang lebih kecil. Dibuat oleh kementerian, katalog ini mengatur sektor-sektor yang dinaungi oleh kementerian yang terkait. Contoh dari katalog ini adalah katalog obat yang dipakai oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia atau katalog alat dan mesin perikanan yang dipakai oleh Kementerian Kelautan Dan Perikanan.

3.    Katalog elektronik daerah

Memiliki ruang lingkup yang lebih kecil lagi dibandingkan dengan katalog elektronik nasional serta sektoral, katalog elektronik daerah berisi barang-barang serta jasa yang dimiliki oleh suatu daerah. Katalog ini disusun tim dari pemerintahan daerah yang dipilihlangsung oleh kepala daerah yang bersangkutan. Barang-barang serta jasa yang berada di katalog ini merupakan barang/jasa yang dibutuhkan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah atau  SKPD yang dapat distandarkan serta dibutuhkan secara berulang.

4.    Katalog elektronik swasta

Katalog ini berisi daftar barang-barang atau jasa beserta informasi mendetail yang terkait. Secara garis besar, katalog elektronik swasta dibagi menjadi dua jenis berdasarkan target pembaca katalog tersebut, antara lain adalah:

  • Katalog elektronik untuk bisnis atau katalog elektronikBusiness to Business (B2B)

Katalog elektronik B2B biasanya dikeluarkan oleh supplier kepada pelaku bisnis yang membutuhkan produk mereka. Umumnya tampilan katalogel ektronik B2B lebih sederhana dan straight to the point dibanding katalog elektronik untuk pelanggan. Hal ini karena pelaku bisnis biasanya hanya membeli produk yang dibutuhkan saja. Informasi penting yang berada dalam katalog B2B antara lain adalah:

  • nama dan kode produk;
  • deskripsi singkat produk beserta gambar;
  • ketersediaan barang dan jumlah minimum order;
  • harga barang.

Seringkali katalog B2B berbentuk seperti tabel price list untuk memudahkan pengambilan keputusan saat membeli. Contoh katalog B2B antara dapat dilihat pada  katalog dari perusahaan Wirapax dan House of Wang.

  • Katalogelektronik untuk Pelanggan atau Katalog Business to Customer (B2C)

Bertujuan agar pelanggan terdorong untuk membeli produk-produk yang disediakan oleh perusahaan, katalog elektronikB2C biasanya memiliki desain yang apik serta nyaman untuk dilihat. Apabila disuse dengan detail dengandeskripsi mendalamuntuk setiap barang, katalog elektronik B2C akan membuat pelanggannya menjadi tertarik untuk membeli berbagai produk yang disediakan. Contoh dari katalog elektrobik B2C bisa dilihat pada katalog Oriflame serta Carrefour.

Demikian adalah jenis-jenis katalog elektronik berdasarkan siapa yang menyusun. Dengan mengetahui hal ini, diharapkan pembaca bisa lebih terbayang apa itu katalog elektronik serta jenis-jenis yang ada.

Leave a Comment