Jenis Makanan Bunglon Yang Bergizi dan Lezat

Apa Saja yang Menjadi Makanan Bunglon?

Blue chameleon on the tree Premium Photo

Agar bunglon tetap sehat dan bahagia, fauna peliharaan ini harus mendapat asupan yang bergizi dan lezat. Jika kamu mempunyai bunglon bertudung, seringkali mereka bakal melahap serangga apa juga yang tersedia. Mereka pun berselera memakan sayuran dan buah-buahan. Makanan ala penangkaran bunglon ingin masih belum lumayan memenuhi keperluan vitamin D dan kalsium. Anda juga mesti menambahkan suplemen yang tepat cocok dengan kebutuhan.

Serangga hidup sebagai makanan bunglon
Banyak spesies yang dapat dijadikan makanan istimewa untuk bunglon. Beberapa diantara kupu-kupu, ulat atau serangga beda memang dapat beracun. Anda harus selektif. Umumnya serangga yang terdapat di pet shop lebih aman. Kasus parasit atau penyebab sakit masih terbilang langka. Beberapa serangga hidup yang dapat jadi makanan bunglon, yaitu:

  • Belalang biasa
  • Belalang daun and belalang mantis/sentadu
  • Cacing kutu
  • Cacing morio
  • Jangkrik
  • Kecoa
  • Ngengat dan kupu-kupu
  • Phasmid/Phasmida/Phasmatode
  • Ulat

Merawat makanan hidup untuk bunglon
Ya, Anda harus mengasuh makanan hidup yang akan diserahkan pada bunglon. Sebab ketika kamu merawat umpan, maka nutrisi yang terdapat di dalamnya bakal semakin tidak sedikit dan berfaedah untuk bunglon. Makanan bunglon juga ingin tidak bakal tahan lama andai tidak diasuh dengan baik.

Apa yang dilahap oleh umpan, bakal dilahap pun oleh bunglon. Jika umpan telah lama tidak makan, maka mereka tidak memberi tidak sedikit gizi pada bunglon. Oleh sebab itu, kamu bisa memberi santap kecoak dan jangkrik dengan oatmeal, sayuran hijau, buah-buahan, kentang mentah, pelet khusus, dll. kita juga dapat memenuhi keperluan airnya, contoh dengan air langsung atau pun buah berair. Belalang juga dapat diberi asupan berupa buluh dan rumput hijau.

Ukuran makanan yang tepat guna bunglon peliharaan
Jika bunglon masih bayi atau anak-anak, pasti menu dan porsi mereka tidak dapat sama dengan bunglon yang telah dewasa. Bayi bunglon bertudung bakal mulai mengonsumsi lalat buah Drosophila hydei dan jangkrik mungil. Jika telah dewasa, mereka dapat melahap kecoa dan belalang dewasa yang besar. Patokannya, seekor bunglon bakal memakan umpan yang berukuran 1 hingga 1,5 dari ukuran mulutnya. Seringkali lebih kecil.

Leave a Comment