Jenis-Jenis Helm Keselamatan

 

Distributor Convex Mirror Jakarta – Helm keselamatan dapat dibedakan atas sejumlah jenis. Pada pemakaiannya dapat dibedakan menjadi helm keselamatan untuk pekerja dan helm keselamatan guna olahraga. Pada helm guna olahraga biasanya tidak sedikit dipakai oleh pesepeda. Ini dipakai untuk mengayomi kepala saat kemalangan seperti terjatuh dari sepeda. Ada pun jenis helm guna anak yang ukurannya kecil.

Helmet keselamatan untuk pekerja juga dapat dibedakan lagi menjadi helm tipe I dan tipe II. Helm tipe I adalahhelm yang dapat mengayomi kepala pemakainya dari kejatuhan benda dari segi atas. Misalnya saja mengayomi kepala dari paku atau palu yang dapat jatuh dari atas.

Helm tipe II adalahjenis helm yang ditujukan untuk mengayomi kepala dari benda jatuh yang berasal dari luar pusat, dari samping, atau dari atas kepala. Pemilihan tipe helm ini dapat disesuaikan dengan situasi kerja masing-masing. Pemilik usaha seharusnya sudah mengetahui masalah risiko kerja sampai-sampai dapat memilihkan tipe helm yang tepat.

Selain tersebut ada pembagian tipe helmet safety menurut performanya terhadap listrik. Kategori ini memisahkan helm keselamatan menjadi tiga yakni Class E (Electrical), Class G (General), dan Class C (Conductive). Helm yang aman pada situasi kerja dengan bahaya terpapar arus listrik yakni Class E yang dapat mengurangi risiko tersetrum arus listrik.

 

Helmet Safety Di Indonesia
Di Indonesia pemakaian helm keselamatan masih perlu dinaikkan lagi. Jenis helm ini seringkali digunakan pada perusahaan-perusahaan besar yang sudah merealisasikan program K3. Para bidang usaha yang masih kecil laksana pekerja bangunan masih tidak sedikit yang belum sadar pentingnya pemakaian helm keselamatan.

Pihak pemerintah telah seharusnya mendorong supaya keselamatan pekerja butuh mendapatkan perhatian baik tersebut pada perusahaan kecil ataupun besar. Ini sangat urgen untuk menghindari lebih tidak sedikit korban dampak kecelakaan kerja. Pemilik usaha pun perlu diberi wawasan mengenai pentingnya penerapan program keselamatan dan kesehatan pekerja.

Produsen alat-alat keselamatan kerja di Indonesia sebetulnya mula tidak sedikit bermunculan. Salah satunya yakni Daksana Bumi Teknik. Perusahaan yang satu ini adalahpenyedia alat-alat keselamatan kerja, kesehatan, dan lingkungan. Beberapa produk yang dipasarkan antara beda helm keselamatan, pelindung mata, perangkat p3k, pakaian pelindung, dan lain-lain.

Daksana Bumi Teknik pun menyediakan pelbagai jenis helmet safety untuk pekerja. Para empunya usaha dapat memilih pelbagai produk keselamatan dan kesehatan untuk para pekerjanya di sini. Daksana Bumi Teknik menjual pelbagai jenis produk k3, perangkat kesehatan, serta perangkat pengukur lingkungan yang paling berguna untuk perusahaan.

 

 

 

Leave a Comment